Thursday, October 25, 2012

Hal-Hal Simple yang Membutuhkan Mental Baja di Jakarta

By Sriudin sahrudin   Posted at  3:00 AM   No comments

Jakarta memang kota yang keras. Sepertinya sudah ada banyak orang yang menggambarkan hal tersebut, baik dalam bentuk tulisan, lagu, maupun pantun. Tapi, kebanyakan itu menggambarkan Jakarta keras, karena ya emang cari duit di Jakarta itu susah. Kalo kamu gak rajin dan kreatif, pasti kalah saingan. Tapi sesungguhnya, Jakarta itu keras gak hanya dalam hal-hal berat seperti pekerjaan lho. Ada beberapa hal-hal yang sesungguhnya sangat sederhana, tapi tetap membutuhkan mental baja kalau dilakukan di Jakarta. Hal-hal seperti:

Jalan Kaki di Trotoar

Jalan kaki di trotoar adalah hal yang sangat sederhana. Apa lagi yang bisa lebih sederhana dari sekedar jalan kaki di tempat yang emang udah seharusnya ditujukan untuk jalan kaki? Tapi di Jakarta, hal ini terkadang membutuhkan mental baja. Seringkali kamu harus beradu tempat sama motor-motor yang kepengen cepet aja

Berurusan Sama Pemerintahan

Pemerintah itu harusnya ada untuk mengayomi rakyat. Harusnya kita butuh apa, ya mereka yang bantuin gitu. Tapi di Jakarta (dan mungkin Indonesia pada umumnya) berurusan sama yang namanya instansi pemerintahan itu pada umumnya merupakan suatu hal yang berat. Selain kamu harus melewati birokrasi yang berbelit-belit, terkadang kamu harus berurusan sama orang-orang brengsek yang gak segan untuk minta duit sama kamu, baik secara langsung maupun nggak. Hal-hal kayak gini nih yang bikin banyak orang males banget berurusan sama instansi pemerintahan. Pokoknya kalo kamu harus berurusan sama pemerintahan, kamu harus bermental baja banget deh.

Naik Angkot

Seperti yang sudah beberapa kali kita bahas sebelumnya, angkot di Indonesia memang brengsek. Inilah yang membuat hal yang sebenernya sangat sederhana ini bisa jadi hal yang berat. Untuk naik angkot, kamu harus selalu waspada akan bahaya copet, rampok, penipu, sampe ke pengamen preman. Tanpa mental baja, maka cukup dapat dipastikan kamu akan cepet kapok naik angkot, trus ngerengek untuk minta dijemput terus sama papa kamu.

Berbuat Benar

Namanya juga berbuat benar. Harusnya ya simple banget dong? Ngasih tau orang supaya jangan nyelak antrian, ngasih tau orang supaya buang sampah sembarangan, ngasih tau anak kecil supaya jangan beli rokok. Sederhana dan mulia dong? Tapi di Jakarta, hal-hal semacam ini justru bisa jadi berbalik menyerang kamu. Kamu bisa dilihatin secara sinis, dikatain sok suci, sampe mungkin diajakin berantem. Kalo mental kamu bukan mental baja…yah, palingan kamu nangis.
Gitu deh. Jakarta emang aneh. Siapa suruh tinggal di Jakarta. Eh, ada hal-hal sederhana lain yang butuh mental baja di Jakarta menurut kamu? Boleh lho dishare.

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 BLOG SI PALUI. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.