Sunday, October 28, 2012

Tips Membeli Komputer Rakitan

By Unknown   Posted at  5:46 PM   Tips Trik No comments

Biasanya barang bergaransi adalah barang-barang yang cukup berkualitas, bila dibanding dengan barang yang dijual tanpa garansi. Garansi sama dengan memberikan jaminan untuk masa tertentu barang tersebut tidak akan rusak, seperti itulah kira-kira arti dari garansi menurut Belajar Ilmu Komputer. Meski sudah mengetahui kalau barang tersebut bergaransi, jangan langsung percaya begitu saja, apalagi barang yang tidak dilengkapi dengan kartu garansi.


Ada beberapa komponen dijual tanpa kartu garansi, meskipun begitu barang tersebut memang betul merupakan barang bergaransi. Sebagai pembeli biasanya hanya disampaikan akan berapa lama masa garansi berlaku, misalnya 3 bulan garansi replace dan 6 bulan garansi service, yang artinya kalau kerusakan terjadi kurang dari 3 bulan maka barang tersebut dapat ditukar dengan yang baru, sedangkan setelah 3 bulan hingga 6 bulan, apabila terjadi kerusakan maka barang tersebut bergaransi hanya bisa diperbaiki dan tidak bisa ditukar lagi. Berikut ini merupakan tips untuk membeli barang bergaransi agar tidak kecewa dikemudian hari.

Tips Membeli Komputer Rakitan


Masa garansi ditentukan sejak tanggal pembelian komputer tersebut, dan tanggal masa berlaku garansi biasanya tertera jelas dalam sebuah buku garansi, atau kartu garansi. Namun ada juga komponen komputer yang dijual tanpa kartu garansi, meskipun barang tersebut memang bergaransi resmi. Nah komponen seperti ini biasanya untuk tanggal masa garansinya tercatat di label barang tersebut. Perhatikan dengan seksama tanggal pembelian yang tertera pada label tersebut, apakah tanggal yang tertera pada label sudah sesuai dengan tanggal pembelian. Bila tanggal tidak sesuai dengan tanggal pembelian, segeralah disampaikan kepada pihak penjual. Tanggal pembelian adalah tanggal yang sangat penting dalam hal garansi karena sejak tanggal pembelian itulah dihitung mulai berlakunya masa garansi. Jangan sampai anda sudah kehilangan hak mengajukan garansi hanya karena anda tidak teliti dengan tanggal pembelian komputer. Perlu diingat, setiap komponen komputer yang dijual, memiliki label tersendiri, jadi sebelum membeli komponen komputer, selalu perhatikan tanggal pada label barang.

Tips membeli komputer bergaransi ini saya tulis berdasarkan pengalaman beberapa customer saya yang mengalami masalah belum genap setahun tetapi garansinya sudah lewat, padahal masa garansi yang disampaikan adalah satu tahun, namun setelah di cek ternyata tanggal pada label tidak sesuai dengan tanggal pembelian pada nota pembelian. Kita sebagai konsumen meski lebih teliti dalam membeli barang agar tidak timbul masalah dikemudian hari. Semoga sedikit tips ini bisa berguna bagi anda yang berniat merakit sendiri komputer anda.

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 BLOG SI PALUI. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.