Wednesday, July 18, 2012

Cara Menulis Posting Surat di Blog Agar Tertata Rapi Seperti di MS Word

By Unknown   Posted at  5:20 AM   Tutorial blog No comments

Panduan posting blog
Panduan tata cara penulisan format surat di halaman posting blog agar tampak rapi seperti halnya menulis surat di Microsoft Word. Ketika anda meng-copy tulisan/teks dari  Microsoft Word ke laman editor postingan blog, maka sebagian format dari teks tersebut dengan sendirinya akan berubah. Teks yang sudah anda susun secara rapi di Microsoft Word akan menjadi amburadul setelah anda copy/pindahkan ke laman postingan blog dengan mode Compose. Apabila anda menggunakan mode HTML, maka seluruh format teks akan berubah ke format default Blogger. Untuk mode Compose, hanya beberapa format saja yang tetap utuh seperti saat teks tersebut masih dalam Microsoft Word. Format teks yang masih utuh diantaranya, Bold (tebal), Italic (kemiringan), Underline (bergaris bawah), Color (warna), dst.  

Anda mungkin sempat tertanya-tanya mengapa format teks berubah secara otomatis pada saat anda memindahkan teks dari Microsoft Word ke editor posting Blogger, sementara anda ingin membuat sebuah postingan dimana dalam posting tersebut terdapat contoh surat. Entah itu contoh surat lamaran kerja, contoh surat pengajuan proposal, contoh surat lamaran PNS, dan contoh-contoh surat lainnya. Blogger tidak menyediakan tool untuk penyuntingan format teks  secara sempurna seperti dalam aplikasi Office. Oleh karena itu, penulisan surat dalam laman blog akan menjadi acak-acakan.

Untuk mengatasi permasalahan ini terutama bagi anda yang memiliki blog dengan tema seputar contoh surat, solusinya adalah dengan memanfaatkan tool dari situs lain. Anda bisa menggunakan Google Doc atau Scribd untuk memposting artikel contoh surat.  Karena dalam post editor Blogger tidak tersedia tool untuk menyempurnakan format teks, maka anda bisa memamanfaatkan Google Doc atau silahkan pilih scribd. Caranya adalah sebagai berikut;
  • Masuk ke Google Doc (http://docs.google.com) dengan akun Gmail anda
  • Upload dokumen word contoh surat yang ingin anda terbitkan di blog
  • Setelah dokumen/file word tadi selesai di upload, ambil/generate embed code.
  • Copy kode embed lalu paste ke post editor Blogger dengan menggunakan mode HTML (bukan Compose)
  • Selesai.
Jika anda kurang yakin akan hasilnya, lakukan preview terlebih dulu sebelum menerbitkan postingan contoh surat tersebut.

Note:
Ukuran laman posting berbeda-beda sesuai dengan template yang anda pakai. Jika frame surat melewati border halaman posting silahkan rubah lebar kode embed. Cari kode “Width” dan sesuaikan ukurannya. Selamat mencoba, sekarang surat yang anda tulis di blog menjadi tertata rapi sama persis dengan yang anda tulis dalam Microsoft Word.  

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 BLOG SI PALUI. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.