Saturday, July 21, 2012

Cara Membuat Scroll Bar di dalam Blog

By Sriudin sahrudin   Posted at  3:54 PM   Blogger No comments

Apa itu scrool bar? hahaha saya kira tman2 semua sudah pada tahu tuh, tapi bagaimana kalau pertanyaannya saya ganti? "siapa yang tahu cara membuat scrool bar di dalam blog?" kalau ini jawabannya dah pasti gak semua tahu cara membuatnya...kalau teman2 yg sedang baca ini belum tahu cara membuatnya santai aj, saya juga sebelumnya gak tahu sama sekali, sama halnya dengan tman2 yg msih awam mengenai hal ini. Untuk itu di sinilah letak pentingnya sharing sesuatu yg kita ketahui, walau secuil gak apa2 yg penting kita bisa sling berbagi ilmu...., iya gak..?

Yohoooooo...lanjuuuut

Agar gak hanya sekedar cuap2, teman2 bisa melihat contoh tampilan yang akan kita bahas dalam postingan kali ini





Nah, tombol yg bisa dibuat nggulung2 itulah yang namanya scroll Bar. Tuh di browsernya teman2 juga ada...

Oh iya judul yang kita gunakan adalah "Membuat scroll bar di dalam blog", saya pribadi sengaja menggunakan kata scroll bar di dalam blog agar nuansanya terasa lebih global alias lebih umum. Apa maksudnya...? Yang namanya dah blog berarti scrool bar yang ingin kita bahas tersebut dapat kita tampilkan ke dalam posting maupun gadget HTML yang kita miliki....gtuuuu maksudnya^

Untuk membuat yang seperti di atas tu, kita hanya membutuhkan kode script berikut



<div style="overflow: auto;background-color: #FF9900; margin: 0px auto; padding: 5px; height: 135px;width: 85%;text-align: left;">

SILAHKAN DIISI APA SAJA DI SINI YANG MENURUT ANDA HARUS DISINGKAT DENGAN MENGGUNAKAN FORM SCROLL, TEKS ATAU KODE JUGA BOLEH

</div>



Wah ternyata untuk membuat yang seperti itu, kita hanya membutuhkan script yang relatif pendek...

Dan dari kode di atas, teman2 juga bisa mengaturnya menjadi sedemikian rupa, entah itu warna backgrounya ataupun ukurannya (tinggi n lebar)

Maka teman2 bisa mengotak-ngatik pada bagian background-color:#FF9900 [sesuaikan warna pilihan anda, cari kode warna di sini], serta untuk tinggi dan lebarnya teman2 bisa memperhatikan pada bagian yang telah saya tandai dengan warna hijau (tinggi/height) dan biru (lebar/width), dan silahkan untuk menyesuaikan isi dari form scroll bar pada bagian yang telah saya tandai dengan warna lumut.


Dah dulu yaaa...selamat mencoba




Semoga Bermanfaat

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 BLOG SI PALUI. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.