Thursday, February 9, 2012

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Label Tertentu

By Unknown   Posted at  6:28 PM   widget No comments

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Label Tertentu- Mengertikah sobat akan maksud dari judul di atas? Sobat mungkin sering menemukan artikel mirip seperti ini dengan kata kunci " Membuat daftar isi per label", atau tak jarang juga dengan keyword cara membuat daftai isi sitemap. tapi satu mungkin yang membedahkan trik ini dari cara membuat daftar isi yang lain, yaitu cara ini yang hanya menampilkan  artikel - artikel dalam 1 kategori atau label tertentu. Masih kurang mengerti juga?

Kali ini kita akan coba membuat daftar isi otomatis pada satu kategori tertentu. Untuk lebih jelasnya, coba sobat lihat daftar isi di sidebar paling atas di blog ini.


Trik seperti ini sebenarnya bisa sobat lakukan secara manual dengan cara memasukkan secara manual link - link artikel sobat , namun seperti biasa, waktu sobat mungkin akan sedikit terkuras. Untunglah jika sobat hanya memiliki sedikit artikel.. bagaimana jika banyak?? wah. bisa pegel ni jarinya.. hehe

Widget ini di lengkapi scroll yang berfungsi menghemat  halaman sobat, jadi jangan perlu takut kalau - kalau tidak muat lamannya karna kebanyakan artikel. Bagi sobat yang tertarik untuk membuat daftar isi otomatis pada label tertentu silahkan ikuti tutorial berikut.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Label Tertentu

1. Log in ke akun blog sobat.
2. Klik Rancangan --> Elemen laman --> Tambah Gadget -->HTML/Javascript
3. Masukkan kode berikut kedalam kotak yang di sediakan dan berikan judul sesuka hati sobat.

<div style="overflow:auto; width:auto; height:150px; padding:5px;border:0px solid #000000; font-family:julee; font-size:15px; font-color:#0000FF;">
<ol>
<script style="text/javascript">
var numposts = 100;
var standardstyling = true;
</script>
<script type='text/javascript' src='http://tateluproject.googlecode.com/files/postlabel%281%29.js'></script><ol>
<script src="http://christiantatelu.blogspot.com/feeds/posts/default/-/SEO%20BLOG?orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts&max-results=999"></script>
</ol>
</ol></div>

tambahan :
  • width:auto :  menunjukkan bahwa  lebar scroll box akan menyesuaikan dengan lebar sidebar.
  • height:100px : tinggi scroll box. silahkan sobat ganti sesuai keinginan.
  • border:1px solid #e6e4e3 :  adalah ukuran, jenis dan warna dari border. 1px adalah tebal border, solid adalah jenis border ( jenis - jenis border lihat di sini!) dan #e6e4e3 adalah warna border.( kode warna lihat disini! )
  • font-size : adalah ukuran huruf.
  • <ol> : adalah Numbered LIst , sobat bisa menggantinya menjadi bullet list dengan kode <ul>
  • Ganti http://christiantatelu.blogspot.com dengan Url blog sobat.
  • Ganti SEO%20BLOG dengan label yang sobat inginkan. Perhatikan penulisan labelnya. sesuaikan dengan yang terterah, jika satu huruf saja salah penulisannya, makan daftar isinya tak akan muncul. %20 adalah Spasi jadi ganti spasi dengan kode %20.

3. Klik simpan.

Untuk menampilkan daftar isi lebih dari satu label, misalnya untuk label SEO BLOG dan BLOG, maka kode yang harus sobat pakai adalah seperti berikut.

<div style="overflow:auto; width:auto; height:100px; padding:5px;border:1px solid #e6e4e3; font-size:15px;">
<ol>
<script style="text/javascript">
var numposts = 100;
var standardstyling = true;
</script>
<script type='text/javascript' src='http://tateluproject.googlecode.com/files/postlabel%281%29.js'></script>
<h3>BLOG</h3>
<ol>
<script src="http://christiantatelu.blogspot.com/feeds/posts/default/-/BLOG?orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts&max-results=999"></script>
</ol>
<br/>
<h3>SEO BLOG</h3>
<ol>
<script src="http://christiantatelu.blogspot.com/feeds/posts/default/-/SEO%20BLOG?orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts&max-results=999"></script>
</ol>
</ol></div>

tambahan :
  • Sesuaikan tulisan yang berwarna biru dengan label yang sobat gunakan.

Nah.. Bagaimana sob.. gampang kan??  Sampai di sini dulu tutorialnya, tunggu lagi kelanjutan postingan dari Christian Tatelu.

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 BLOG SI PALUI. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.