Wednesday, November 14, 2012

Cara Install Windows 8 Pro Dual Boot

By Sriudin sahrudin   Posted at  11:51 PM   Windows No comments

Cara install Windows 8 Pro dual boot dengan Windows versi sebelumnya yaitu Windows 7. Bagi anda yang belum sempat mencoba install Windows 8, bisa dicoba cara install Windows 8, kemudian mencobanya, kalau memang berkenan ya digunakan terus, tapi kalau tidak berkenan ya mudah dapat dihilangkan kembali Windows 8. Kenapa perlu mencoba Windows 8, karena Windows 8 memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya. Mau tahu kelebihan Windows 8, silahkan baca artikel tentang Kelebihan Windows 8.

Sayarat yang harus dipenuhi untuk melakukan installasi Windows 8 dual boot pada umumnya adalah
  1. Sistem Operasi pertama minimum adalah Windows XP SP3
  2. Ruang kosong minimum pada hard disk yang dibutuhkan untuk Windows 8 adalah 10.286 MB, Windows 8 Enterprise adalah 10.166 MB dan Windows 8 Pro adalah 10.264 MB.
  3. Memori minimum yang dibutuhkan adalah 1 GB
  4. Prosesor Minimum untuk install Windows 8, Pentium 4

Cara Install Windows 8 Pro Dual Boot


Sebagai sistem operasi utama pada praktek kali ini adalah Windows 7, jadi saya melakukan installasi Windows 8 setelah Windows 7. Langkah demi langkah proses installasi Windows 8 pada Windows 7 adalah sebagai berikut.

setup windows 8 pro

  1. Masukkan/koneksikan media penyimpan Windows 8 (HDD External, CD Plate, Flash Disk)
  2. Jalankan File Setup dalam folder Win8
  3. Bila muncul jendela konfirmasi, klik Yes
  4. Muncul jendela Windows 8 yang pertama klik Install Now
  5. Pilih No Thanks
  6. Pada jendela pilihan Windows 8, Pilih Windows 8 Pro
  7. Klik Next
  8. Berikan tanda Centang pada I Accept The License Terms
  9. Klik Next
  10. Pilih Custome: Install Windows only (advanced)
  11. Pilih drive tujuan installasi, (saya install di drive/partisi D)
  12. Klik Next dan tunggu proses installasi. Selama proses install, Windows akan melakukan restart komputer, biarkan saja.
  13. Pada jendela permintaan pengisian Product Key, isilah produck key yang anda dapatkan saat membeli Windows 8, bila belum memiliki product key, silahkan klik Skip
  14. Ketik nama komputer pada PC Name, misalnya BelajarKomputer.
  15. Klik Next
  16. Klik Use Express Settings
  17. Isi username, password dan password hint (mis. ilmukomputer, 21041994, tanggal lahir saya)
  18. Klik Finish
start windows 8 pro

Delapan belas langkah di atas adalah cara install Windows 8 Pro dual boot dengan Windows 7. Jadi dalam satu unit komputer terdiri dari dua sistem operasi yaitu Windows 7 sebagai sistem utama dan Windows 8 sebagai sistem tambahan. Meski awalnya Windows 7 adalah sistem utama, namun setelah terinstall Windows 8 pada komputer yang sudah terinstall Windows 7, maka otomatis yang menjadi sistem operasi utama adalah Windows 8, sehingga apabila saat booting dan anda tidak memilih salah satu dari dua sistem operasi (OS), maka komputer akan secara otomatis menjalankan Windows 8.

Bila anda ingin mengganti kembali dan menjadikan Windows 7 sebagai sistem operasi utama, maka pada saat awal boot dan menampilkan jendela pemilihan sistem operasi, pilihlah Change Default or Choose Other Options, kemudian dilanjutkan dengan memilih Windows 7. Setelah itu, klik tombol panah ke kiri (back) dan klik Windows 7. Sekarang sistem oprasi utama anda adalah Windows 7, sehingga setiap kali booting, anda tidak perlu memilih karena secara otomatis komputer akan berjalan pada Windows 7, kecuali anda ingin menggunakan Windos 8 maka harus memilih Windows 8 saat booting. Semoga artikel ini bermanfaat buat semua pengunjung blog Belajar Ilmu komputer.

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 BLOG SI PALUI. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.