Tuesday, February 9, 2010

Mejeng Diri di Fotolia

By Unknown   Posted at  10:54 AM   Paid To Take Picture No comments

image Buat sobat yang suka atau hobi dengan fotografi, jangan biarkan hasil foto-foto sobat hanya jadi barang pajangan saja atau hanya untuk memperindah isi kamar sobat.

 

Sobat bisa memanfaatkan foto-foto sobat yang mungkin masih tersimpan di komputer atau kamera, untuk mengikuti sebuah program yang dinamakan paid to take picture. Dimana setiap foto yang sudah sobat upload dan di download oleh pengguna lain, akan dibayar dengan dollar.

 

Banyak penerbit, pemilik website atau siapa saja yang membutuhkan foto-foto untuk mereka gunakan di majalah atau website mereka tentunya. Dan semakin unik foto yang sobat upload, maka semakin besar pula kesempatan foto-foto sobat di download atau dibeli, dan pastinya harga yang dipatok juga semakin tinggi.

 

 

Ada juga bayaran yang sobat peroleh walaupun foto-foto milik sobat hanya ingin di pamerkan saja atau hanya ingin dilihat oleh pengunjung saja. Namun bayarannya tidak sebesar menjual foto-foto tersebut. Harga untuk setiap foto bervariasi, tapi rata-rata sobat dibayar 25 sen dollar atau USD 0,25 untuk setiap foto yang berhasil di download. Sebuah harga yang cukup pantas untuk sebuah foto standard.

 

Adapun ketentuan yang harus sobat ketahui sebelum mengupload foto di Fotolia :

  1. Foto yang dicari adalah foto simple, unik, dan bersifat umum, atau foto orang dalam berekspresi, seperti tertawa, menangis, sedang olahraga, berkerja, dll.

     

  2. Fotolia hanya menerima foto dengan ukuran minimal 1600 x 1200 pixel.

     

  3. Hanya menerima foto dengan format JPG atau JPEG. Jika mempunyai foto dengan format lain, sebaiknya di convert dulu.

     

  4. Jelas Fotolia akan menolak foto dengan content porno, kekerasan, rasis, atau foto yang ilegal.

     

  5. Tidak terlalu banyak efek atau penggunaan efek yang berlebihan dalam satu foto.

 

Jika sudah paham 5 kriteria diatas, sekarang lanjut ke tutorial upload foto di Fotolia.

  • Silahkan buka situs Fotolia kemudian klik sign up untuk registrasi.
  • Isi form pendaftaran secara lengkap.
  • Jika sudah selesai registrasi, cek email sobat yang datang dari Fotolia. Klik link konfirmasi yang diberikan dari pihak Fotolia.
  • Sekarang sobat sudah bisa mulai mengupload foto-foto sobat.
  • Bagaimana cara mengupload fotonya? perhatikan bagian sidebar sebelah kanan, klik pada tulisan Sell Files

     

    Sell Files
  • Kemudian ada 3 pilihan : Upload new file, Upload new file with Flash, atau Upload new file by FTP. Klik saja Upload new file atau jika file sobat berupa flash silahkan pilih opsi Upload new file with Flash.

     

    Upload New File

  • Setelah itu klik browse untuk mencari foto yang ingin sobat upload

     

    Browse file
  • Setelah proses upload selesai, sobat akan diminta mengisi beberapa keterangan mengenai foto tersebut. Yang pertama, sobat isi Title (Judul foto), Note to editor, Country (Negara), Language (Bahasa) dan File type (Jenis file). Dan isi Keyword untuk foto tersebut, minimal sebanyak 7 keyword !

     

    uploader information
  • Kemudian pilih kategori dari foto tersebut

     

    categories
  • Untuk tambahan informasi, klik radio button Yes or No pada pilihan sobat, apakah foto tersebut hanya untuk Fotolia dan jika ditolak atau tidak memenuhi syarat foto sobat menjadi free section (di gratiskan). Jika bingung klik saja tombol “Yes” paling atas seperti gambar berikut

     

    contract and prices
  • Klik submit and finish

Tunggu jawaban dari pihak Fotolia apakah foto sobat memenuhi syarat atau tidak, jika sudah memenuhi syarat foto sobat akan tampil di Fotolia sesuai kategori yang sobat isi sebelumnya.

 

Semoga tips ini bermanfaat dan semoga sukses menjalankan program ini !

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 BLOG SI PALUI. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.