Tuesday, October 23, 2012

Cara Bertahan Hidup Untuk Anak Rantau- Edisi Luar Negeri

By Sriudin sahrudin   Posted at  7:00 AM   No comments



Kalo sebelumnya kita sudah membahas tentang Cara Bertahan Hidup Untuk Anak Rantau Edisi Dalam Negeri, di edisi yang satu ini MBDC akan membahas tentang cara bertahan hidup untuk kamu yang merantau jauh sekali sampai ke luar negeri. Nah, gak perlu takut karena MBDC akan memberi tahu kamu cara bertahan hidup untuk kamu yang memutuskan untuk tinggal di luar negeri!

1. Kenali Cuaca Di Negara Tujuan

Ini mungkin terdengar sepele, namun pada hakikatnya, hal ini sangatlah penting. Tahukah kamu musim dingin di Russia bisa mencapai -30°C? Jika Russia adalah negara tujuan kamu, ada baiknya kamu meninggalkan baju barong kebanggaan kamu di Indonesia. Kenapa? Karena gak mungkin kepake.
Dengan mengetahui cuaca di negara tujuan kamu, kamu bisa menyelamatkan diri kamu sendiri dari salah kostum. Nggak asik banget kalau kamu kira Amerika itu dingin semua terus kamu pake jaket tebel di California. Sumpah, kamu bakal malu sendiri sama diri kamu sendiri.

2. Belajar Memasak

Ada baiknya sebelum kamu pergi, kamu mulai belajar dasar-dasar memasak. Proses ini bisa dimulai dari pengenalan diri kepada alat-alat dapur. Misalnya, kamu harus tau kalau pisau itu digunakan untuk memotong dan garam itu asin. Jika kamu sudah tau dua hal barusan, kamu pasti sudah sangat ahli memasak!  Dengan memasak sendiri di negara tujuan, kamu bisa menghemat uang jajan kamu. Gak perlu khawatir makanan kamu tidak enak, toh yang makan juga cuma kamu sendiri.

3. Ketahui Nilai Mata Uang Negara Tujuan

"APAAAH?? HAMBURGER DUA PERAK DOANG??" Oh ternyata dalam satuan dollar. MBDC cuma nggak mau aja ilustrasi tersebut terjadi dalam hidup kamu. Atau bisa lebih parah lagi: "APAAAH?? SEPATU HARGANYA 300 PERAK DOANG?? Oh ternyata sekarang harga tukar Euro hampir Rp.12.000/Euro." Bisa-bisa pada akhir bulan kamu meratapi ketidak tahuan kamu yang berujung pada saldo minus di bank. Pastikan kamu tahu persis nilai tukar mata uang negara tujuan kamu tersebut terhadap rupiah. Jangan mudah tergoda dengan jumlah digit yang kayaknya dikit banget. Inget, $300 itu berarti hampir 3 juta rupiah lho.

4. Cari Pacar Orang Setempat

Nah ini udah paling ultimate. Dengan memacari orang setempat, kamu dapat belajar budaya, bahasa dan kultur mereka. (Apa coba bedanya budaya ama kultur - red) Disamping itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi-informasi yang hanya diketahui oleh orang setempat. Misalnya, di mana sih tempat belanja bahan makanan termurah? Di mana sih tempat liburan yang asik tapi terjangkau? Tapi sesungguhnya, yang paling penting adalah dengan memacari orang setempat, kamu jadi betah tinggal di sana. Asik!
Jadi, negara mana nih yang jadi tujuan kamu? Oh, atau kamu punya sesuatu yang mau ditambahkan? Silakan dishare di comment loh!

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 BLOG SI PALUI. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.